Kamis, 30 Agustus 2012

Inilah Kronologi Seleksi Komisioner yang Berujung pada Darurat Komnas HAM

Advertisement
Inilah Kronologi Seleksi Komisioner yang Berujung pada Darurat Komnas HAM - Komisioner Komnas HAM akan habis masa kerjanya pada 30 Agustus 2012. Namun sampai hari ini Komisi III DPR belum juga melakukan fit and proper test terhadap 30 nama anggota Komnas HAM yang sudah dikantongi Komisi III DPR sejak 11 Juni 2012. Berikut kronologinya.

Ketua Tim Seleksi Komisioner Komnas HAM Jimly Asshiddiqie menuturkan 30 nama calon komisioner Komnas HAM telah diserahkan ke Komnas HAM pada 1 Juni 2012. Selanjutnya pada 11 Juni 2012 nama-nama calon komisioner Komnas HAM telah resmi dikantongi DPR. Berikut pemaparan Jimly soal runtutan perjalanan nama komisioner Komnas HAM sampai ke DPR dan menuju darurat Komnas HAM karena fit and proper test yang belum kunjung digelar.

1 Juni 2012

Timsel Komnas HAM selesai melakukan seleksi. Menghasilkan 30 nama calon komisioner Komnas HAM.

11 Juni 2012

Ketua Timsel komisioner Komnas HAM Jimly Assiddiqie menegaskan pada tanggal 11 Juni 2012 ini Komnas HAM secara resmi menyerahkan 30 nama calon komisioner Komnas HAM ke DPR dilengkapi dengan dokumen resmi. Jimly terus memantau perkembangan di DPR namun tidak juga dilakukan fit and proper test terhadap komisioner Komnas HAM.

16 Agustus 2012

Rapat paripurna DPR mendengarkan pidato kenegaraan Presiden SBY. Malam harinya DPR menggelar rapat paripurna mendengarkan nota keuangan pemerintah yang dibacakan Presiden SBY sekaligus membuka masa sidang setelah reses.

Ketua Komnas HAM Ifdhal Kasim menyerahkan 30 nama calon komisioner Komnas HAM hasil tim seleksi yang dipimpin oleh Jimly Assiddiqie ke Wakil Ketua DPR bidang Polhukam, Priyo Budi Santoso. Oleh Priyo,nama-nama calon komisioner Komnas HAM diserahkan ke Komisi III DPR.

Ifdhal Kasim menyampaikan permohonan kepada DPR agar menyampaikan ke Presiden untuk melihat kemungkinan perpanjangan masa jabatan. Sebab, dengan masa jabatan yang berakhir 30 Agustus 2012, jika belum ada hasil seleksi, maka memungkinkan adanya kekosongan jabatan pada Komnas HAM.

17 Agustus 2012 - 22 Agustus 2012

DPR memasuki masa libur lebaran. Tidak ada aktivitas legislasi di DPR. Beberapa Komisi tetap melakukan pertemuan dengan mitra kerja seperti Komisi V dengan Kemenhub membahas persiapan mudik. Komisi V DPR juga sempat mengunjungi sejumlah terminal dan stasiun, serta menjajal jalur mudik ke Jawa Tengah.

23 Agustus 2012 - 28 Agustus 2012

DPR memasuki masa sidang, kegiatan masih sangat sedikit. Sekjen DPR Nining Indra Saleh menuturkan aktivitas DPR akan diisi rapat internal menyikapi pidato Presiden SBY soal nota keuangan dan persiapan pandangan umum fraksi mengenai RAPBN 2013.

29 Agustus 2012

DPR menggelar rapat paripurna memperingati HUT ke-67, pandangan umum fraksi soal RAPBN 2013, dan susunan alat kelengkapan dewan yang baru.

Masa kerja Komas HAM tingga sehari dan akan berakhir 30 Agustus 2012 besok. Komisi III DPR menegaskan belum melakukan fit and proper test anggota Komnas HAM. Presiden SBY masih menunggu surat dari DPR sebelum menerbitkan Kepres atau Perpu perpanjangan masa kerja Komnas HAM. Darurat Komnas HAM!

Presiden SBY belum berencana mengeluarkan Perpu. Presiden SBY masih menunggu surat resmi dari DPR RI menyangkut hal ini.

Jimly mengatakan DPR telah melanggar UU jika sampai habis masa jabatan komisioner Komnas HAM belum dilantik penggantinya. DPR dinilainya abai terhadap perlindungan HAM.

Berikut nama 30 calon komisioner Komnas HAM berdasarkan data yang diperoleh detikcom, Kamis (16/8/2012):

1. Ansori Sinungan, mantan PNS Kemenkum HAM

2. Ario Djatmoko, dokter

3. Bahder J. Nasution, dosen Unja Jambi

4. Bambang Budiono, Pusham Unair

5. Dede Oetomo, Gaya Nusantara

6. Dian Noes Wantari, Pusham Ubaya

7. Dianton Bach Riyadi, Agrarian Resource Center

8. Erna Ratnaningsih, YLBHI

9. Hafid Abbas, dosen UNJ

10. I Sandyawan Sumardi, Yayasan Ciliwung Merdeka

11. Kisnu Haryo, Lemhannas

12. Imdadun Rahmat, Pengurus Besar NU

13. Manager Nasution, MUI

14. Mochammad Soedioto, Kesatuan Tuna Netra Indonesia

15. Muhammad Nur Khoiron, Desantara Foundation

16. Natalius Pigai, PNS Kemenakertrans

17. Oto Nur Abdullah, Imparsial

18. Paul Serak Baut, mantan anggota DPR

19. Mindawati Perangin, Pendeta GBKP Medan

20. Roi Chatul Aswidah, Demos

21. Sandrawati Monianga, Samdhana Institut

22. Setia Adi Purwanta, PNS Manajer Pusat Pendidikan Inklusif DIY

23. Sianne Indriani, Jurnalis

24. Siti Noor Laila, Advokat

25. Suharto

26. Suma Mihadja, Konsultan HAM

27. Taufik Basari, LBH Masyarakat

28. Nur Kholis, anggota Komnas HAM

29. Tri Susilowati, dosen

30. Yosep Adi Prasetyo, anggota Komnas HAM

--------------------------------------------------------------------
sumber

Rating: 5.0 == Reviewer: Mas Rahmat

Masukkan email Anda dan Dapatkan Artikel Terbaru Gratis dari blog Kumenarik.blogspot.com yang dikirim langsung ke email Anda secara otomatis:

Delivered by FeedBurner



Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

Artikel Terkait:

0 komentar: on "Inilah Kronologi Seleksi Komisioner yang Berujung pada Darurat Komnas HAM"

Posting Komentar